Selasa, 17 Juli 2012

Cara Upgrade Os Blackberry 8520 Gemini



Akhir-akhir ini, Gemini 8520 mengalami penurunan kinerja. Angka free application memory mulai menyusut di bawah 100MB, respon tiap menu dan aplikasi mulai tidak segesit dulu, dan mulai akrab dengan jam pasir lagi.

Padahal soft-reset dan hard-reset masih rajin saya kerjakan tiap hari, selain clear log dan memory cleaning, ditambah ritual memory personal boost. Mengingat pentingnya perangkat ini dalam menunjang pekerjaan dan produktivitas kerja, maka saya tidak mau berlama-lama membiarkan kondisi seperti itu. Pikiran saya pun melayang pada kemungkinan melakukan upgrade OS, supaya membersihkan (wipe) sekaligus menginstal OS yang lebih fresh.

Khususnya bagi Anda yang belum tahu caranya, langkah-langkahnya sederhana dan bisa dilakukan sendiri, asal cermat dan berhati-hati. Silakan ikuti petunjuk ini.

1.      Membaca ulang cara upgrade/instal OS Blackberry di Berryindo.

2.      Lakukan full backup seluruh data dan aplikasi dengan Blackberry Desktop Manager, untuk jaga-jaga.

3.      Cari OS yang lebih tinggi/besar penomorannya, karena itu menandakan lebih baru. Kemarin pakai OS V5.0.0.1036, dan setelah gugling sana-sini, akhirnya ketemu dengan OS V5.0.0.1067 untuk perangkat Blackberry Gemini 8520 keluaran AT&T, yang bisa diunduh dari situs Blackberry AT&T, atau langsung saja klik di sini.

4.      Selesai mengunduh, langsung instal ke komputer. Lalu menghapus file bernama vendor.xml di drive C -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader (di folder ini ada file vendor.xml yang harus dihapus, karena Gemini saya pakai Telkomsel, bukan AT&T).

5.      Nyalakan Blackberry Desktop Manager. Punya saya sudah pakai versi 6.0, kalau Anda belum, segeralah instal DM versi 6.0 tersebut. Versi ini tidak mengalami kesulitan apapun mendeteksi dan menginstalkan V5.0.0.1067.

6.      Hubungkan perangkat Blackberry Gemini 8520 ke komputer. Ketika sudah terkoneksi, Desktop Manager otomatis membaca adanya OS V5.0.0.1067, yang lebih baru dibandingkan OS V5.0.0.1036 yang terpasang di dalam Gemini 8520. Disodori pilihan untuk upgrade, tinggal ikuti setiap prosedur yang meliputi backup, delete, install, restore.

7.      Lebih kurang 30 menit semuanya sudah beres, Blackberry Gemini 8520 sudah bisa digunakan kembali dengan kondisi yang lebih segar, aplikasi lebih lincah, dan semua terasa enteng.

Memang sih, hampir tidak ada perbedaan antara V5.0.0.1067 dan V5.0.0.1036. Keuntungan instal OS baru adalah membersihkan sampah-sampah gak penting yang menghambat kinerja.

4 komentar:

yamma mengatakan...

bingung :D hehe

Unknown mengatakan...

BB kan emang hp yang supeeeeeeerrr lemot..... hahahaha, malu gua make bb, android lebih smart and fast daripada bb.....

mvd mengatakan...

Mantap bro..

Unknown mengatakan...

thank you :D