Sabtu, 16 Maret 2013

Saham RIM Melonjak Jelang Rilis BlackBerry 10


Di penutupan perdagangan saham pada Jumat kemarin (28 Sep), saham RIM melonjak cukup signifikan. Hal itu terjadi setelah RIM mengumumkan pengasilan per kuartalnya yang menunjukkan tren positif.
Meski demikian tetapi para pengamat tetap mengingatkan RIM untuk berhati-hati, terutama dengan rilis BlackBerry 10yang rencananya akan dilakukan awal 2013.
“Saya akui RIM bekerja sangat bagus di situasi yang sulit seperti sekarang. Anda harus acungi jempol untuk manajemen RIM tetapi mereka masih perlu mengembalikan perusahaan ke posisi sehat,” jelas Shaw Wu, analis dari Sterne Agee.
Penjualan BlackBerry memang cukup mengejutkan di kuartal yang berakhir 1 September lalu. Para investor cukup senang dengan prestasi RIM kali ini setelah berbulan-bulan mengalami penurunan penghasilan dan rendahnya penjualan BlackBerry smartphone dan PlayBook tablet.
Analis Wu juga mempertanyakan apakah BlackBerry 10 nantinya cukup kuat untuk mengembalikan kesehatan RIM dengan cara memberikan margin keuntungan yang memadai:
“Jika margin laba kotor tetap berada seperti posisi sekarang, maka akan sulit bagi RIM untuk bisa mencetak keuntungan, meskipun jika mereka mampu menjual BlackBerry 10 smartphone dalam jumlah besar.”

Well, boleh saja pengamat berpendapat. Setidaknya, di kuartal ini CEO Thorsten Heins telah membuktikan tekatnya untuk mengembalikan kejayaan RIM dan akan kembali ia buktikan saat rilis BB10 tahun depan. BlackBerry fans di Indonesia pastinya tidak sabar menanti rilis BlackBerry 10, bukan?

Tidak ada komentar: