Senin, 09 Mei 2011

Mempertajam Ingatan Anda

Melalui waktu seiring bertambahnya usia, anda akan menghadapi banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan menjalani pola hidup sehat. Hal ini juga bermanfaat dalam upaya mempertajam ingatan anda. Dalam psikologi, hal ini didefinisikan sebagai kemampuan mental seseorang untuk menyandikan informasi yang ada, menyimpan dan menggunakan data tersebut kapan pun diperlukan.
Anda harus melakukan segala upaya yang diperlukan untuk menjaga agar otak anda berfungsi dengan baik. Dengan cara ini, anda dapat menghindari berbagai gangguan yang berhubungan dengan otak. Seiring bertambahnya usia, salah satu aspek yang biasanya terpengaruh pada orang-orang adalah ingatan mereka. Mereka memiliki kesulitan mengingat informasi yang penting, terutama pada saat mereka harus menjawab sesuatu. Proses berikut menjelaskan bagaimana fungsi otak anda terpengaruh, terutama ketika anda membiarkannya dan tidak mengatasi masalah tersebut.
  1. Penyandian. Ketika otak anda menerima informasi, ia akan memproses semuanya dan menggabungkan bagian-bagian yang diterima dengan data yang telah tersimpan di dalam sistem anda.
  2. Penyimpanan. Otak anda bertindak seperti hard disk sistem anda di mana anda menyimpan segalanya. Namun, tidak seperti sistem komputer, otak anda merekam informasi secara permanen. Informasi tersebut akan berada di sana selama anda sehat dan tidak mengalami masalah serius yang menyebabkan kerusakan otak anda.
  3. Mengingat kembali. Jika anda harus menjawab pertanyaan dan situasi berdasarkan apa yang telah tersimpan dalam otak anda, anda mencoba untuk mengingat kembali data yang dapat membantu anda sampai pada kesimpulan yang tepat.

Pertajam Ingatan anda


Pusat Panjang Umur Internasional merilis laporan tahun 2001 yang mencakup tips penting dalam meningkatkan kinerja otak Anda. Tips yang diumumkan termasuk secara aktif mencari informasi baru lewat belajar. Hal ini dapat dicapai dengan membaca dan berlatih. Anda juga harus melibatkan diri dalam aktivitas fisik yang meningkatkan sirkulasi darah di otak anda. Anda juga harus belajar untuk menjaga kadar stres anda selalu rendah dengan tidak memikirkan masalah terlalu banyak. Anda juga direkomendasikan untuk tidur cukup dan makan dengan benar. Untuk membantu anda melatih ingatan anda untuk meningkatkan kinerjanya, berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan.
  1. Biasakan menulis catatan tentang hal-hal yang ingin anda lakukan dan apapun yang ingin anda ingat. Hal ini dapat membantu anda mencapai tujuan anda sampai anda tidak lagi bergantung dengan catatan tersebut atau tidak lagi sering melakukannya.
  2. Jika anda belajar untuk ujian atau sejenisnya, anda harus beristirahat dengan cukup setelah menyimpan banyak informasi di otak anda. Anda bisa mengulang proses ini setelah anda beristirahat dan sebelum tanggal ujian berlangsung untuk membantu otak anda menyerap informasi lebih banyak dan mempertahankan sebagian besar darinya.
  3. Anda juga harus berlatih untuk memvisualisasikan hal-hal yang harus anda ingat. Sebagai contohnya, anda harus mengingat begitu banyak nama-nama dalam waktu singkat. Hal ini akan terbantu jika anda menghubungkan wajah orang-orang dan nama mereka dengan gambaran yang akan membuat anda mengingat mereka dengan mudah.
  4. Sementara sebagian orang membuktikan bahwa belajar semalam suntuk berhasil bagi mereka, hal ini sebetulnya tidak sehat karena anda mencoba untuk memaksakan dan memenuhi otak anda dengan informasi yang terlalu banyak dan dengan waktu yang singkat. Jika anda harus belajar, berikan cukup waktu bagi diri anda untuk menyelesaikan semua yang harus anda pelajari. Berikan otak anda waktu untuk beristirahat setelah menyerap begitu banyak data. Hal ini akan membantu mempertajam ingatan anda dan juga membantu anda menyelesaikan ujian anda dengan baik.
Posting Komentar