Kamis, 31 Maret 2011

PENGERTIAN SYMBIAN OS


tentunya mungkin sudah pernah mendengar tentang symbian. Namun apa sih sebenarnya symbian itu? Symbian adalah salah satu dari sekian banyak system operasi yang ada di jagad ini. Penjelasan tersebut tentunya melahirkan sebuah pertanyaan baru, yaitu apa yang dimaksud dengan system operasi? System operasi adalah induk dari segala program. Ibarat bangunan pencakar langit, system operasi merupakan pondasi dasar dari bangunan itu. Jadi, dinding, jendela, pintu, atap dan lain-lain, hanya dapat dibangun diatas pondasi tersebut. Demikian pula halnya dengan program anti virus, pemutar music, pengolah gambar hingga game, hanya dapat dijalankan diatas sebuah system operasi.

Beberapa vendor ponsel yang cukup terkenal seperti Nokia, Siemens, Samsung, LG, Motorolla dan Sony Ericsson, masing-masing memiliki system operasi sendiri yang dipasang pada produk mereka. Hal inilah yang kemudian menjawab pertanyaan mengapa program untuk Nokia tidak dapat kita Instal di handphone merek lain. Yaitu tentu saja karena ponsel tersebut berbeda system operasinya. Namun belakangan ini, Sony Ericsson telah memasang system operasi symbian pada beberapa produk mereka. Jadi menurut estimasi penulis, beberapa program dimasa mendatang akan dapat dijalankan pada ponsel yang berlainan merek. Artinya, suatu program dapat dijalankan diponsel Nokia, dan dapat juga dijalankan di ponsel merek lain seperti Sony Ericsson. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa telah ada produk yang diluncurkan oleh Sony Ericsson yang bersystem operasi symbian.

System operasi symbian banyak dipasang pada ponsel Nokia. Contoh hp Nokia yang menggunakan system operasi symbian adalah N Gage, 6600, 3230, 7610, N 70, N73, 6120c. Hal ini lalu mengundang pertanyaan, kalau system operasinya sama, apakah itu berarti bahwa program yang dapat dijalankan pada Nokia 6600 dapat juga dijalankan di Nokia N 73 ? jawabannya tidak. Mengapa? Ya, memang ponsel-ponsel tersebut menggunakan system operasi symbian, akan tetapi symbian memiliki jenis atau versi yang berbeda. Untuk Nokia N Gage versi symbiannya adalah versi 1 atau biasa disingkat s60 v1, 6600, 3230, 7610 versi symbiannya adalah versi 2 atau biasa disingkat s60 v2nd, sedangkan untuk N73 dan 6120c versi symbiannya adalah versi 3 atau biasa disingkat s60 v3rd.

Tidak ada komentar: